SELAMAT DATANG DI LUKMAN BLOG

Minggu, 13 November 2011

Kalimat Aktif dan Kalimat Pasif dalam Bahasa Indonesia

Dalam mempelajari Bahasa Indonesia dengan baik dan benar,tentunya kita tidak luput dari yang namanya aturan atau ketentuan yang harus ditaati.Apalagi kalau kita sendiri adalah penduduk atau warga asli Indonesia,lucu rasanya kalau kita sendiri masih blepotan dalam menggunakan Bahasa Indonesia yang masih "blepotan" didepan umum,nah kali ini saya jelaskan sedikit mengenai aturan yang juga berlaku dalam Bahasa Indonesia,yaitu penggunaan “kalimat aktif” dan “kalimat pasif”.
Kalimat aktif adalah kalimat yang subjeknya aktif melakukan sesuatu. Sedangkan kalimat pasif adalah kalimat subjeknya dikenai sesuatu.
Contoh:
  • Kalimat aktif: Rani sedang menyiram tanaman.
    • Kalimat pasif: Tanaman sedang disiram Rani.
  • Kalimat aktif: Danu membeli buku pelajaran.
    • Kalimat pasif: Buku pelajaran dibeli Danu.
  • Kalimat aktif: Kakak sedang membaca buku.
    • Kalimat pasif: Buku sedang dibaca Kakak.
Nah,dari ketiga contoh diatas merupakan contoh kalimat aktif dan kalimat pasif yang jika kita simpulkan satu persatu akan memiliki makna yang sama antara kalimat aktif dan kalimat pasif.Kalau kata orang awam bilang itu kalimat Cuma dibalik-balik saja…hehehehehe….
Demikianlah penjelasan saya,mudah-mudahan artikel ringan ini bermanfaat bagi seluruh pembaca blog saya.Terimakasih..Lanjut ke Bahasa dan Sastra Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

SILAHKAN COPY PASTE,JANGAN LUPA KASIH JEMPOLNYA...

Terbanyak dibaca

Terimakasih Atas Kunjungannya,Jangan Lupa Berkunjung Kembali